Target Emas, NTB Kirim Sembilan Petinju ke PON Papua

Mataram (Lomboknews.my.id) – Bumi Gora meloloskan sembilan petinju ke PON Papua 2021. Salah satunya petinju putri Endang. Dia ditargetkan bisa menyumbangkan medali emas. ”Saya akan berusaha yang terbaik. Target pasti yang terbaik,” ujar Endang, Jumat (7/8) lalu.

Bagi Endang target medali emas ini adalah mempertahankan raihan yang diperolehnya pada PON Jabar 2016 lalu. Saat itu, Endang berhasil mengalahkan petinju asal NTT di parta final. ”PON sebelumnya emas. Jadi target emas ini untuk mempertahankan emas,” katanya.

Prestasi atlet kelahiran Dompu 24 tahun yang lalu ini sangat baik. Mulai menekuni tinju sejak 2014, sederet prestasi sudah diraihnya bagi NTB. Diawali dari porprov 2014 meraih medali emas. ”Waktu itu masih kelas 1 SMA,” cetusnya.

Kemudian mengikuti sejumlah kejurnas tinju elit dan berhasil meraih medali emas. Endang kemudian turun di ASEAN Boxing Championsip pada 2019 lalu dan meraih medali emas. Tidak hanya itu, Endang juga berhasil menyumbangkan medali perak bagi Indonesia di SEA Games Manila 2019 lalu.

Sebelum menekuni tinju, Endang terlebih dulu menjajal cabor taekwondo. Di sinilah Endang dipertemukan dengan Indah Dugi Cahyono, yang kini menjadi pelatih tinju NTB. ”Dari di taekwondo sudah sama bapak Dugi. Sampai sekarang di tinju,” katanya.

Di situasi pandemi ini, Endang tetap rutin berlatih mandiri. Sebelumnya Endang berlatih bersama di Sasana Notorius KSB dengan delapan petinju lainnya. Namun kini dirinya berlatih sendiri karena bertugas sebagai TNI di daerah lain. ”Latihan tetap jalan. Ada program latihan yang sudah diberikan pelatih,” tuturnya.

Lebih lanjut, Endang menuturkan dirinya juga mendapatkan panggilan masuk ke pelatnas tinju persiapan kualifikasi olimpiade. Namun sampai saat ini pelatnas belum dimulai karena pandemi. ”Saya dipanggil. Tapi saya belum pasti ikut, kalau boleh pelatnas di KSB saya ikut,” tandasnya.

Baca Juga:  Siswa Madrasah di Lotim Nikah di Masa Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *