3 Gaya Belajar Anak Menurut dr Aisah Dahlan, yang Manakah Anak Anda?

Nasional, Jember (Lomboknews.my.id) – Setiap guru dan orang tua perlu mengetahui dan memahami gaya belajar anak. Hal itu penting untuk menentukan cara membersamai anak saat belajar.

Hal ini disampaikan dr. Aisah Dahlan, Cht, ahli neurosains, dalam webinar Festival Literasi untuk Semua bertema ‘Memahami Gaya Belajar Anak’ yang diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember, Jawa Timur, Senin 10 Agustus 2020.

“Ada tiga gaya belajar yang guru dan orang tua harus tahu. Sehingga, tidak mudah menjustifikasi anak tentang gaya belajarnya,” kata Aisah.

Ketiga gaya belajar yang dikenal itu adalah gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik.

Gaya belajar visual, kata dia, menjadikan indera pengelihatan sebagai indra dominan dalam menyerap informasi.

“Dalam gaya belajar visual, maka menggunakan warna, bentuk ruang dan semacamnya sangat membantu anak dalam belajar,” ungkap Aisah.

Sedangkan gaya belajar auditori menjadi indera pendengaran sebagai indra dominan dalam menyerap informasi.

“Biasanya anak lebih mudah menangkap pelajaran dengan mendengarkan. Kadang matanya tidak fokus ke guru atau papan tulis, tapi sebenarnya ia tetap belajar dengan telinganya,” tutur dokter lulusan Universitas Hasanuddin ini.

Lalu, gaya belajar kinestetik adalah anak yang dominan menggunakan indera peraba dalam belajar.

“Kadang ia suka bergerak terus di kelas. Guru yang tidak tahu dikira tidak mau belajar. Padahal, kalau tidak sambil gerak ia kurang bisa menyerap informasi,” terang Aisah.

Di luar 3 gaya belajar tersebut, Aisah mengemukakan juga ada dua gaya belajar lain yang mengombinasikan ketiga gaya belajar tersebut.

Dua gaya yang lain adalah gaya belajar global. Anak dengan gaya belajar ini adalah biasa mengerjakan banyak tugas bersamaan, bisa bekerjasama dengan baik, dan mampu mengutarakan dengan kata-kata sendiri.

Baca Juga:  Asosiasi Muslim Kanada: Ini Tindakan Kebencian, Penyerangan Masjid di Toronto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *