Jumlah Penumpang Pesawat di BIZAM Tembus 2.315 Orang Per/Hari

Loteng (Lomboknews.my.id) – Tren jumlah penumpang pesawat setelah kebijakan pelonggaran syarat berpergian menggunakan transportasi udara di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) kian positif. Hingga pertengahan bulan Agustus ini, rata-rata penumpang pesawat di BIZAM sudah menembus angka hingga 2.315 orang per hari. Angka tersebut merupakan yang tertinggi sejauh ini, saat pandemi Covid-19 melanda.

“Tapi kalau dibandingkan dengan sebelum pandemi Covid-19, jumlah tersebut masih jauh di bawah angka normal,” sebut General Manager (GM) PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA), Nugroho Jati, Rabu, 12 Agustus 2020.

Diakuinya, pascakeluarnya Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020, Juni lalu pada bulan yang sama, rata-rata penumpang pesawat di kisaran 577 orang. Angka tersebut meningkat hingga 188 persen pada bulan Juli, menjadi 1.608 orang per hari.

“Secara kumulatif pada bulan Juni ada 17.314 penumpang pesawat, baik datang maupun berangkat di bandara Lombok. Sementara di bulan Juli mencapai 49.861 penumpang,” terangnya. peningkatan jumlah penumpang pesawat tersebut secara otomatis meningkatkan jumlah pergerakan pesawat dari 333 pergerakan pada bulan Juni menjadi 777 pergerakan selama bulan Juli atau tumbuh 133 persen.

“Peningkatan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat ini sangat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah. Terutama terkait persyaratan calon penumpang penerbangan domestik yang jauh lebih longgar dari sebelumnya,” imbuhnya.

Adapun maskapai yang kini sudah kembali membuka operasionalnya di BIZAM, yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Wings Air, serta Indonesia AirAsia. Dengan rute yang dilayani antara lain, Jakarta, Surabaya, Denpasar, Bima dan Sumbawa Besar untuk rute domestik. Sedangkan untuk rute internasional, baru rute Lombok-Kuala Lumpur Malaysia yang sudah dibuka.

Baca Juga:  Dikbud NTB Klaim Kepatuhan Lebih 90 Persen, Simulasi KBM Tahap II

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *