Rektor Unram: Tata Kelola Arsip Dilakukan Secara Online

Mataram (Lomboknews.my.id) – Rektor Universitas Mataram (Unram) melalui Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan (WR II) Prof. Dr. Kurniawan, SH., M.Hum, mendorong agar tata kelola arsip dilakukan secara online.

Hal demikian dikatakan Prof. Kurniawan saat melantik pejabat untuk jabatan fungsional arsiparis Fakultas Pertanian di ruang Sidang Utama, Gedung Rektorat Unram, Rabu, 12 Agustus 2020.

Adalah Salahudin, A.Md., pejabat yang dilantik sebagai arsiparis Fakultas Pertanian, dalam kegiatan terbatas yang digelar sesuai dengan protokol kesehatan itu. Pengangkatan Salahudin didasarkan pada Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Arsiparis Melalui Penyesuaian/Inpassing, Nomor : 39405/A3/KP/2020, yang ditetapkan pada Selasa, 7 April 2020.

Prof. Kurniawan mengatakan, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 menerangkan bahwa semua pejabat fungsional harus dilantik. Sehingga menurutnya, ke depan Unram akan banyak melakukan kegiatan pelantikan para pejabat non fungsional menjadi fungsional.

“Jadi ke depan semua pejabat selain Eselon II, akan dilantik untuk menempati jabatan fungsional,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga mengingatkan peran strategis arsiparis dalam suatu organisasi. Arsiparis memiliki tanggung jawab besar atas tugas kearsipan, mengingat arsip merupakan rahasia negara, sehingga sangat penting untuk mengampil sumpah dari pengelolanya. “Ke depannya, dengan arsip ini kita berharap bisa melaksanakan dengan aplikasi,” tuturnya.

Menurutnya, proses tata kelola kearsipan perlu terus dibenahi dan ditingkatkan. Terlebih di era digital seperti saat ini yang menuntut kecepatan dan ketepatan. “Kami mengharapkan ke depan, arsip ini dibawa ke ranah digital,” ungkapnya.

Dia berharap Salahudin yang menyandang gelar D-III di bidang Teknik Komputer itu, bisa mengawali proses tata kelola kearsipan secara online di Fakultas Pertanian. Proses inisiasi tersebut menurut Prof. Kurniawan, akan menjadi penggerak bagi fakultas lain di lingkungan Unram untuk melakukan hal yang sama.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Percepatan Digitalisasi Pasar Kerajinan

“Sehingga ke depan, Fakultas Pertanian bisa memberikan contoh bagi fakultas-fakultas lain,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *