Arus Penumpang di Pelabuhan Kayangan Berangsur Normal

Lotim (Lomboknews.my.id) – PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Kayangan, Lotim terus memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menyeberang dari arah Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur (Lotim) menuju Pototano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Pasalnya, di era new normal ini, arus penumpang dari dua arah tersebut berangsur normal. Akan tetapi, setiap penumpang ditekankan untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 13 Agustus 2020, General Manager (GM), PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Kayangan, M. Yasin, mengatakan, jumlah penumpang untuk saat ini setiap harinya relatif seimbang. Untuk pejalan kaki berkisah antara 50 orang hingga 100 orang sedangkan untuk kendaraan antara 300 hingga 350 unit kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Dari jumlah tersebut, memang mengalami penurunan jika dibandingkan hari normal sebelum terjadinya Covid-19. Yaitu untuk pejalan kaki berkisar antara 150 orang hingga 200 orang. Sementara untuk kendaraan roda rata-rata 300 unit dan kendaraan campuran 350 unit hingga 400 unit kendaraan. “Kalau untuk pelayanan normal. Hanya produksi penumpang masih di bawah normal,” terangnya.

Adapun dari jumlah produksi penyeberangan ini, pihak ASDP Kayangan tidak melakukan pengurangan terhadap armada kapal yang beroperasi setiap harinya. Yaitu sebanyak 22 armada kapal dengan 2 unit di antaranya merupakan cadangan. Di samping itu, ASDP Kayangan tetap melakukan koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk pemantauan cuaca atau kondisi alam yang sewaktu-waktu terjadi cuaca ekstrem.

Begitupun dengan syahbandar maupun pihak terkait lainnya yang memiliki wewenang dalam kelayakan atau tidaknya penyeberangan dilakukan. “Alhamdulillah penyeberangan tetap lancar dan tidak ada masalah, koordinasi dengan BMKG intens kita lakukan,”sambungnya. 

Baca Juga:  Lapas Selong Lombok Timur digeledah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *