Stok Menipis, Mataram Butuh Perekrutan Kepala Sekolah SD dan SMP

Mataram (Lomboknews.my.id) -Persediaan calon kepala sekolah, baik jenjang SD dan SMP di Mataram mulai menipis. Karenanya pemerintah berencana melakukan perekrutan.

”Kami akan bekerja sama dengan BKPSDM,” kata Kepala Disdik Kota Mataram H Lalu Fatwir Uzali.

Kerja sama itu untuk menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat), bagi calon kepala sekolah. Hal ini memang harus segera dilakukan, lantaran hingga 2021 nanti, banyak kepala SD dan SMP yang akan pensiun.

Posisinya sementara waktu akan diisi oleh pelaksana tugas (plt) dari unsur pengawas. ”Kami tidak ingin berlama-lama diisi oleh pengawas, kalau sudah ada calon kepala sekolah, kita ajukan dan bisa segera diisi,” ujarnya.

Mantan kepala SMAN 1 Mataram ini menyebut, beberapa persyaratan utama adalah, guru yang sudah memiliki pengalaman mengajar 5-10 tahun. Mereka harus memiliki pangkat serendah-rendahnya III/c bagi ASN. Bagi calon kepala SMP, guru yang pernah menjabat sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

”Guru yang memenuhi kualifikasi itu, bisa mendaftarkan diri menjadi kepala sekolah,” tandasnya.

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdik Kota Mataram M Yasin menambahkan, persediaan calon kepala sekolah menipis, karena pada Mei lalu, Disdik Kota Mataram telah melantik 16 kepala sekolah baru. Rinciannya 13 Kepala SD dan tiga kepala SMP. Pelantikan itu tertuang dalam Keputusan Wali Kota Mataram Nomor 821/583/BKPSDM/V/2020, tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah di lingkungan Pemkot Mataram.

”Pertengahan tahun ini, kita sudah sebar,” tegasnya.

Nantinya semua tetap melalui tes dan akan ada diklat. Setelah itu, nama-nama yang lolos akan dikirim ke BKPSDM. Mereka yang sudah mendapatkan promosi dan telah mengantongi Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) yang berhak menjadi kepala sekolah.

Baca Juga:  ITDC Siapkan Lahan 2,5 Hektare, Relokasi Warga Terdampak Pembangunan KEK Mandalika

”Hanya itu saja yang bisa mengisi, karena layak sesuai aturan,” tegas dia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *