Gubernur NTB Pastikan Persiapan MotoGP di Mandalika Tidak Berubah

Mataram (Lomboknews.my.id)-Persiapan event MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika masih  sesuai rencana. ”Oktober 2021, kita akan menjadi tuan rumah MotoGP yang pertama di Indonesia,” kata Gubernur NTB  H Zulkifliemansyah, dalam keterangan persnya, Kamis (20/8/2020).

Pandemi covid-19, kata gubernur, menyebabkan kinerja persiapan MotoGP tidak segesit sebelumnya. Sebab, pemerintah harus beradaptasi dengan sesuatu yang baru. ”Meski demikian, Lombok tetap siap untuk menjadi tuan rumah MotoGP 2021,” tegasnya.

Sebagai pemerintah daerah, ia bertugas memfasilitasi dan membantu menyediakan lingkungan yang kondusif dan nyaman. ”Karena ini top priority tourist destination, jadi menteri pekerjaan umum memprioritaskan. Misalnya bandara, itu nanti adanya perpanjangan landasan,” jelasnya.

Selain melakukan perbaikan bandara, pemerintah juga akan membuat jalan penghubung dari bandara menuju Mandalika. Serta menjadikan pelabuhan sebagai pelabuhan internasional. ”Hal tersebut dilakukan pemerintah pusat sebagai bentuk perhatiannya terhadap KEK Mandalika,” katanya.

Menurutnya, perhatian pemerintah pusat luar biasa. Bandara, jalan raya, kemudian pelabuhan, dan banyak aspek-aspek lain dikepung, dipercepat pengerjaannya oleh BUMN-BUMN.

Terpisah, Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer mengatakan, pihaknya berkomitmen mengembangkan KEK Mandalika menjadi destinasi wisata unggulan berkelas internasional untuk menarik kunjungan wisatawan.

The Mandalika, kata Mansoer, akan dikembangkan menjadi destinasi wisata dengan konsep sportainment. Mereka akan mengelar event balap motor internasional MotoGP mulai 2021.

Pembangunan Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika) saat ini terus dikebut. Progres pekerjaan ground work atau pekerjaan tanah telah mencapai 60 persen.

Terdiri dari land clearing seluas 429.175 m2 atau 81,77 persen. Pemasangan pagar beton precast keliling sepanjang 5.502 m atau 88,03 persen. Galian tanah track sepanjang 239.065 m atau 95,45 persen.

Kemudian timbunan tanah mencapai 225.846 m3 atau 64,78 persen, dan ground improvement seluas 5.481 m2 atau 33,14 persen. ”Progres pembangunan Sirkuit Mandalika secara keseluruhan telah mencapai lebih dari 40 persen dan ditargetkan selesai Juni 2021,” tandasnya.

Baca Juga:  Persiapan Gelaran MotoGP Tuntas Juli, Kemenko Marvest Kumpulkan Pihak Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *