21.000 Warga Terdampak Covid-19 di KLU Diusulkan Dapat Bantuan

KLU (Lomboknews.my.id) – Warga penerima bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Kabupaten Lombok Utara (KLU) rencananya akan ditambah oleh Dinsos P3A. Penambahan berasal dari  sisa kuota pengajuan anggaran pada Tim Gugus Tugas Satgas Covid untuk 21.000 KK terdampak Pamdemi Covid-19.

“Ada beberapa desa yang memang mau mengajukan penerima manfaat baru dan kita akan segera buatkan SK tambahan,” ungkap Kepala Dinsos P3A KLU Faisol, Senin (24/8)..

Pihaknya belum mengetahui secara pasti jumlah riil usulan dari desa perihal tambahan penerima manfaat tersebut.  Jatah yang diberikan oleh Gugus Tugas yaitu 21.000, sementara usulan oleh desa didata pertama yaitu 20.600 orang.

“Artinya di sana ada margin eror sekitar 400. Makanya nanti kita akan lihat, kalau usulan justru melebihi nominal margin kita tidak jadi akomodir,” katanya.

Kekhawatiran justru ketika sebagian desa terakomodir, sedang sebagiannya lagi tidak. Ini akan menimbulkan kecemburuan sosial. Hanya saja, akan diprioritaskan warga yang memang benar-benar miskin.

“Karena desa yang lain tidak bisa masuk usulannya jadi kita tetap pakai data yang pertama. Jadi sasarannya besok warga yang benar-benar tidak mampu itu akan dijadikan prioritas,” jelasnya.

Menyangkut penyaluran JPS kabupaten, mantan Camat Pemenang ini mengatakan saat ini sudah sampai pada tahap kedua. Tercatat pada 17 Agustus penyaluran JPS menyasar seluruh kecamatan dan disinyalir pada minggu ini pendistribusian bantuan berupa sembako dan kebutuhan dasar lainnya bagi warga yang terdampak covid ini akan rampung.

“Semoga segera selesai minggu ini dan distribusi ketiga awal Bulan September sudah harus kita mulai,” ucapnya.

Pada pendistribusian, pihak dinas disebutnya mengantisipasi kejadian dobel penerima sebagaimana terjadi di tahap pertama. Sehingga timnya intens mengecek sejauh mana perkembangan di lapangan. Adapun jika terdapat kesalahan serupa pihaknya telah memberi kebijakan kepada pihak desa.

Baca Juga:  Mesin Pengolah Sampah di Desa Lembuak Narmada Lobar Hilang

“Kemarin ada yang dobel sudah kita berikan kebijakan ke desa untuk diganti dilapangan ada di beberapa dan langsung diberita acarakan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *