Tim Kemenko Polhukam Kunjungi Sumbawa Untuk Evaluasi Penanganan Covid-19

Sumbawa Besar (Lomboknews.my.id) – Tim Kemenko Polhukam RI yang dipimpin Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara, Edy Djatmiko beserta rombongan melakukan  Kunjungan Kerja di Kabupaten Sumbawa, Rabu, 26 Agustus 2020. Mereka menggelar koordinasi dan pemantauan peran pemerintah dan TNI/Polri seluruh stakeholders lainnya dalam penanganan Covid-19.

Kunjungan kerja tersebut diterima Sekda Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri M.M, beserta Pimpinan DPRD Sumbawa, Forkopimda, dan Pimpinan OPD. Dalam rangka melaksanakan kegiatan koordinasi, pengumpulan data, dan informasi. Serta pemantauan terkait peran dan upaya Pemerintah Daerah/TNI/Polri dan segenap Stakeholder lainnya secara mandiri sesuai tupoksi masing-masing secara komprehensif. Dalam mengelola sumber daya nasional dan potensi wilayah yang dimiliki guna menangani pandemi Covid-19.

Sekda Sumbawa, menyampaikan saat ini Pemkab melalui gugus tugas penanganan Covid-19 tengah bekerja keras menekan laju penyebaran Covid-19 di Sumbawa. Sudah banyak langkah-langkah yang dilakukan dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19. Selain menekan laju penyebaran Covid-19, Pemerintah Daerah pun menangani dampak sosial dan ekonomi yang terjadi akibat pandemi ini.

Dalam hal anggaran, Pemkab Sumbawa juga sudah melakukan pemetaan dan penggeseran anggaran untuk menyediakan dana pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19. Menyusul keputusan pemerintah pusat yang menetapkan pandemi Covid-19 ini sebagai bencana non-alam Nasional. “Sebanyak kurang lebih Rp. 119 Milyar telah kami anggarkan untuk menjalankan program pencegahan, penyediaan dukungan bagi sektor kesehatan, penanganan dampak ekonomi, dan pelaksanaan program jaring pengaman sosial bagi warga yang terdampak covid-19,”terang Sekda.

Sementara itu, Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam, Edy Djatmiko, menyatakan sebagai pengarah pencegahan dan penanganan Covid-19, Kemenko Polhukam berharap dari apa yang dilakukan saat ini, terkait penanganan Covid agar bisa ditindaklanjuti di pusat. Sambil menyampaikan pula apresiasinya terhadap kegiatan-kegiatan Pemerintah Daerah di NTB. “Mengenai penanganan Covid-19 tidak bisa dilakukan kepada satu instansi saja, secara komprehensif harus dilakukan ke semua dan untuk TNI/Polri agar dapat mendisiplinkan masyarakat terkait protokol kesehatan,”tutupnya.

Baca Juga:  Warga Miskin di Lobar Tak Dapat Bantuan, Adminduk Bermasalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *