Kemenag Tetapkan MAN 1 Loteng Jadi MAN Plus Keterampilan

Loteng (Lomboknews.my.id) – Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan MAN 1 Lombok Tengah (Loteng) sebagai MAN Plus Keterampilan di NTB. Tidak hanya itu, MAN 1 Loteng juga ditetapkan sebagai koordinator MAN Plus Keterampilan untuk di wilayah Indonesia bagian Timur.

“Kita ditetapkan jadi koordinator untuk wilayah Indonesia Timur,” ujar Kepala MAN 1 Lombok Tengah Lalu Syahdi, M.Pd., dihubungi Suara NTB, Jumat, 28 Agustus 2020.

Dijelaskan Syahdi, MAN 1 Loteng sebagai salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama NTB, selama ini menjadi salah satu penyelenggara pendidikan formal yang banyak menghasilkan prestasi, baik akademik maupun prestasi di bidang non akademik.

Sederet prestasi yang terus diukir santri maupun tenaga pendidik MAN yang berlokasi di Jalan Pendidikan Tampar Ampar Kelurahan Jontlak Kecamatan Praya Tengah ini menjadikannya sebagai madrasah rujukan masyarakat Loteng.

Ikhtiar untuk mengantarkan madrasah ini menjadi lebih baik diakui eksistensinya oleh pemerintah pusat pada pertengahan bulan Agustus ini terjawab, yaitu dengan keluarnya SK Dirjen Pendis Kemenag RI No 2851 tahun 2020 terkait penetapan MAN 1 Loteng jadi MAN Plus Keterampilan.

“Ini menjadi satu-satunya madrasah di Nusa Tenggara Barat sebagai Madrasah Aliyah  Plus Keterampilan,” klaimnya.

Diakuinya, dipilihnya madrasah yang ia pimpin sebagai MA Plus Keterampilan ini tidak lepas dari keberhasilan  program-program keterampilan dan keagamaan  yang dilaksanakan selama ini.

Dijelaskannya bahwa MAN 1 Loteng  adalah satu-satunya Madrasah Aliyah yang selama ini memiliki program pemberdayaan keterampilan bagi santri maupun tenaga pendidik dan kependidikan yang manfaatnya dirasakan langsung oleh mereka.

Madrasah ini memiliki ruang praktik dan gedung workshop yang representatif untuk belajar dan praktik menjahit, serta keterampilan lainnya, dan inilah salah satu yang  menjadi dasar atau alasan MAN 1 Loteng dipilih menjadi Madrasah Aliyah Plus Keterampilan.

Baca Juga:  ITDC Siapkan Lahan 2,5 Hektare, Relokasi Warga Terdampak Pembangunan KEK Mandalika

Selain itu, usulan MAN 1 Loteng sebagai Madrasah Plus Keterampilan disampaikan sejak bulan Februari 2020 pada saat rakor di Kota Palembang yang saat itu dihadiri oleh pengurus MA Plus Keterampilan se Indonesia.

Sejak itulah pihaknya mempersiapkan segala persyaratan sebagai MAN Plus Keterampilan. Sampai pada akhirnya ditetapkan menjadi satu-satunya MAN Plus Keterampilan di NTB.

Untuk itu, konsekuensi dari penetapan ini ialah siswa lulusan nantinya tidak saja pandai pada bidang ilmu pengetahuan agama semata, melainkan akan memiliki skill dan kemampuan yang bisa jadi modal kecakapan hidup di masa mendatang.  “Tidak saja pandai ilmu agama tapi juga punya skill hidup,” ungkapnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *