Makmur-Ahda Klaim Ungguli Mohan-Mujib Survei Internal

Mataram (Lomboknews.my.id) – Perang terbuka dua bakal pasangan calon mulai dilakukan terang-terangan. Yakni pasangan HL Makmur Said-H Badruttamam Ahda (Muda) vs H Mohan Roliskana-TGH Mujibburahman (Harum).

Di babak awal ini, mereka saling klaim menang hasil survei. Jika sebelumnya H Mohan menyebut elektabilitas Harum mencapai 50 persen mengungguli tiga bakal pasangan calon yang lain, maka Rabu (26/8) kemarin, hasil berbeda diungkapkan tim dari pasangan Muda.

“Survei yang kami lakukan tanggal 10-17 Agustus, pasangan Muda meraih persentase 31,13 persen dari 1.389 responden,” jelas Koordinator Tim Media Center Pasangan MUDA, Jumawal kepada Lombok Post.

Responden, katanya, berasal dari 325 lingkungan yang ada di Kota Mataram. Dengan masing-masing lingkungan diambil lima orang responden secara acak. Metode survei random cluster diyakini memiliki tingkat kepercayaan yang cukup tinggi. Karena tim Media Center Pasangan Muda secara tatap muka bertemu langsung dengan responden.

“Pertanyaannya sederhana. Apakah warga tahu empat bakal calon yang sudah mulai muncul. Kemudian dari empat bakal calon yang mereka tahu, siapa yang dipilih,” jelas Jumawal.

Hasilnya, pasangan Muda diklaim mendapat persentase tertinggi. Mengungguli pasangan Harum. “Total 432 suara diperoleh atau persentasenya 31,13 persen,” ungkapnya.

Sementara pasangan Harum mendapat perolehan 406 suara atau 29,23 persen. Sedangkan asangan Hj Putu Selly Andayani-TGH Abdul Manan (Salaman) 301 suara atau 21,73 persen, dan pasangan H Baihaqi-Baiq Diyah Ratu Ganefia (Baru), 117 suara atau 9,46 persen.

“Sisanya 117 responden atau 8,45 persen menyatakan tidak tahu,” terangnya.

Meski hasil survei dilakukan oleh tim internal, pasangan Muda meyakini, hasil ini memberi gambaran bagaimana popularitas mereka di tengah masyarakat Kota Mataram saat ini.

“Ini survei yang luar biasa. Karena dilakukan melibatkan responden dari seluruh lingkungan yang ada di Kota Mataram,” ungkap Bakal Calon Wali Kota Mataram HL Makmur Said.

Baca Juga:  Kasus Lahan Relokasi Banjir Bima, Dua Tersangka Saling Bersaksi

Survei yang dilakukan tim Media Center bekerja sama dengan AAF dan MIM ini menurutnya menjadi gambaran pemahaman masyarakat Kota Mataram menghadapi Pilkada saat ini. Karena dilakukan dari pintu ke pintu.

“Jadi kami sekarang juga tahu di mana pasangan Muda dikenal atau unggul dan di lingkungan mana yang belum. Alhamdulillah angkanya lumayan,” ujar Makmur.

Dengan survei ini, pasangan Muda menurutnya semakin semangat turun ke masyarakat. Berjuang menyampaikan program dan visi misi mereka berdua.

Ia yakin, semua pasangan bakal calon punya peluang yang sama untuk menang. “Maka ini akan membuat kami terus berjuang,” pungkas mantan Sekda Kota Mataram selama 11 tahun itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *