Polsek Senggigi, Menerjunkan Personel Kepolisian Untuk Menjaga Kawasan Destinasi Wisata Taman Langit di Desa Bengkaung

Lobar (Lomboknews.my.id) ramainya pengunjung, tak ingin kecolongan, Polsek Senggigi menerjunkan personel kepolisian untuk menjaga kawasan wisata ini dan memastikan para pengunjung menerapkan protokol ksehatan yang ketat.

“Kami tidak ingin destinasi wisata Taman Langit menjadi salah satu klaster baru Covid-19,” kata Wakapolsek Senggigi Iptu I Wayan Sugiana.

Salah satu yang dilakukan pihaknya adalah membatasi pengunjung yang yang akan memasuki lokasi ini. Mereka yang hendak berswafoto di salah satu spot paling favorit juga dibatasi. Sehingga tidak terjadi kerumunan hanya karena pengunjung hendak berebut posisi foto terbaik.

Langkah ini dilakukan agar selama berada di destinasi wisata, penerapan protokol kesehatan antara lain yakni menjaga jarak atau social distancing sesama pengunjung bisa diberlakukan.

“Kami tidak ada niatan untuk melarang pengunjung datang. Posisi kami untuk memastikan protokol kesehatan tetap ditegakkan di tempat wisata,” tandas Wakapolsek.

Selain itu, pihaknya juga kata Wakapolsek menggelar penertiban kepada para pengunjung yang datang. Mereka yang tidak mengenakan masker diminta kembali dan tidak diperkenankan masuk destinasi wisata.

“Kami tidak memberikan toleransi sedikitpun di lokasi ini,” imbuhnya.

Ditegaskannya, langkah yang dilakukan pihaknya juga merupakan tindak lanjut dari Inpres No 6/2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

Selain penegakan disiplin mematuhi protokol Covid-19, juga dilakukan peneguran terkait keselaman berlalulintas. Apabila teguran terkait keselamatan berlalulintas tidak diindahkan, maka pengendara dipastikan ditilang.

Tanam Pohon

Sementara itu, masih di Lombok Barat, Satuan Reskrim Polres Lombok Barat juga turun tangan menjaga destinasi wisata. Salah satu langkah yang diambil adalah dengan menanam pohon untuk penghijauan. Aksi ini dilakukan di Bukit Celedu, Dusun Lendang Sedi, Desa Giri Sasak, Kecamatan Kuripan.

Baca Juga:  DPRD Minta Semua Daerah Lobar Dipasangi PJU

“Ini bagian dari ikhtiar kita menjaga lingkungan. Selain tentu untuk penghijauan dan pencegahan terjadinya banjir dan longsor,” kata Kasat Reskrim Polres Lombok Barat AKP Dhafid Shiddiq.

Dia mengatakan, pihaknya ingin mengambil peran serta untuk mengembalikan fungsi hutan. Yakni sebagai daerah resapan air, pengendali tanah longsor dan bajir, serta sebagai penyedia oksigen yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan.

“Kita ingin mengembalikan fungsi hutan sebagi paru-paru dunia,” katanya.

Kegiatan tanam pohon tersebut dilakukan bersama-sama dengan warga setempat. Antara lain turut serta komunitas Trabas, yang merupakan club motor trail di Pulau Lombok. Kegiatan ini sendiri difasilitasi pemerintah desa setempat.

Dalam kesempatan tersebut Dhafid tak lupa mengimbau warga masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, cuci tangan, dan menjaga jarak untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami mengajak warga setempat untuk menerapkan protokol kesehatan supaya Lombok barat menjadi zona hijau,” imbaunya.

Adapun kegitan tersebut di hadiri Anggota Sat Reskrim Polres Lobar, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Lombok Barat, kepala desa beserta perangkat desa, serta Bhabinkamtimas dan Bhabinsa. Juga anggota Polsubsektor Kuripan.

Jaga Destinasi Destinasi Wisata

  • Polsek Senggigi mewajibkan pengunjung menerapkan protokol kesehatan di destinasi wisata Taman Langit.
  • Jumlah pengunjung dibatasi. Terutama yang hendak swafoto di salah satu spot foto terbaik.
  • Pengunjung yang tidak menerapkan protokol kesehatan tidak diperkenankan memasuki area wisata.
  • Pengunjung yang melanggar aturan berlalulintas langsung ditilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *