944 Gempa di NTB selama Agustus

NTB (Lomboknews.my.id) – Bulan Agustus 2020, tercatat terjadi gempabumi sebanyak 944 kejadian di NTB. Gempa didominasi oleh kejadian dengan Magnitudo <3.0 dan kedalaman dangkal <60 Km. Dari 944 kejadian tersebut terdapat 5 gempabumi yang dirasakan.

Kejadian gempabumi yang dirasakan di Wilayah Tambolaka, Waingapu, Waitabula, dan Kota Bima dengan Intensitas III MMI terjadi sebanyak 1 kejadian dan di Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan Intensitas II-III MMI terjadi sebanyak 4 kejadian dan gempabumi yang dirasakan. Kejadian gempabumi yang dirasakan di wilayah NTB dan sekitarnya ini tidak berpotensi Tsunami.

“Analisa gempabumi di wilayah NTB dan sekitarnya Bulan Agustus 2020 dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu gempabumi berdasarkan magnitudo, frekuensi kejadian dan kedalaman tiap kejadian gempabumi,” kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram,  Ardhianto Septiadhi, S.Si.

Diurainya,  berdasarkan frekuensi kejadian Gempabumi pada bulan Agustus 2020, kejadian gempabumi terbanyak pada tanggal 9 Agustus 2020 sejumlah 144 kejadian.

Berdasarkan besar magnitudonya gempa dengan M < 3 sebanyak 648 kejadian, gempa dengan 3 ≤ M ≤ 5 sebanyak 285 kejadian dan terdapat 11 kejadian untuk gempa dengan M > 5.

Berdasarkan kedalaman gempabumi dengan kedalaman < 60 km sebanyak 862 kejadian, gempabumi dengan 60 km ≤ D ≤ 300 km sebanyak 82 gempabumi dan terdapat 0 kejadian gempabumi untuk kedalaman > 300 Km.

Ditambahkannya, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.  

Baca Juga:  Pulihkan Pariwisata, Pengusaha Gili Siapkan Paket Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *