EF Batulayar Bersama Kasta NTB Bangun Rumah Tidak Layak Huni

Lobar (Lomboknews.my.id) – Banyaknya Lansia yang belum memiliki rumah yang layak diwilayah, kecamatan Batulayar akhir-akhir ini menjadi sorotan banyak pihak, tak terkecuali Lembaga sosial ENDRI’S FOUNDATION (EF), Lembaga sosial yang fokus mengurusi persoalan kemanusiaan dan membantu masyarakat yang miskin, sakit, difable dan terlupakan ini membantu memberikan solusi kepada pemerintah dengan merehab 1 unit rumah tidak layak huni di dusun seraye, desa bengkaung, kecamatan batulayar, (1/8).

Pembongkaran Rumah nenek anisah

Adapun rumah yang dibangun ini adalah milik nenek Anisah (85Thn.) Seorang lansia yang ditinggal mati oleh suaminya beberapa tahun lalu, nenek anisah tinggal bersama mantan iparnya karena tidak memiliki anak, dirinya mengaku sangat bersyukur mendapat bantuan rehab rumah ini meskipun sangat sederhana, yang penting ada tempat istirahat dan tempat beribadah yang layak.

“Saya bersyukur dapat rumah meskipun sederhana namun layak saya gunakan untuk istirahat dan ibadah”, ungkapnya dengan mata sedikit berkaca-kaca.

“Memiliki inisiasi untuk melaksanakan program rehab rumah ini karena dirinya merasa sangat prihatin, ketika dirinya di informasikan oleh relawan EF yang ada di Desa Bengkaung terkait kondisi nenek anisah, dimana sebelumnya nenek ini tinggal dirumah yang sangat kumuh dengan ukuran 2 x 3 M berlantai tanah berdinding bedek yang sudah rapuh dan ditambal oleh bungkus semen, sehingga dirinya dan team memutuskan untuk survey (asessment) setelah itu melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa dan Dusun serta menggandeng aktivis sosial LSM KASTA NTB untuk mencarikan solusi dan memulai penggalangan dana /open donasi dan alhamdulillah baru 1 hari sudah langsung mendapat Donasi dari seorang donatur yayasan yang ada di australia, ungkapnya. Dan begitu Donasi terkumpul ia mengajak relawan Endri’s Foundation dan pengurus LSM KASTA NTB untuk mulai pembongkaran dan langsung dikerjakan sampai tuntas tambahnya”. Jelasnya (Zulfan EF) Ketua EF Kec. Batu Layar

Baca Juga:  Kenaikan Konsumsi dan Ulah Spekulan Sebabkan Elpiji Langka di Mataram
Tahap Perbaikan (Doc. Lomboknews.my.id)

Selain itu Rumah yang berukuran 3 x 3,5 ini dikerjakan selama 4 hari langsung tuntas, dimana yang menjadi tukang dan pekerjanya merupakan relawan EF dan pengurus KASTA secara langsung, tambahnya. Zulfan berencana akan menjadikan program rehab rumah layak huni ini menjadi program tetap agar dapat membantu masyarakat yang belum tersentuh oleh program pemerintah, tutupnya.

Kepala Desa Bengkaung (H. Faizul Bayani) mengaku sangat bersyukur dengan bantuan ini dan pihaknya berharap agar tetap terjalin kerjasama yang baik antara ENDRI’S FOUNDATION dan PEMERINTAH DESA, namun diakuinya bahwa nenek Anisah ini sudah beberapa kali untuk diusulkan agar mendapat bantuan RTLH, namun terkendala administrasi kependudukan, karena nenek anisah belum memiliki KTP akhirnya belum bisa terbantu, ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *