Hari Pertama, Mo-Novi dan Talif-Sudir Mendaftar di KPU Sumbawa

Sumbawa Besar (Lomboknews.my.id) – Dua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) mendaftar di hari pertama pendaftaran calon di KPU Sumbawa. Yakni pasangan Drs. H. Mahmud Abdullah dengan Dewi Noviany, S.Pd, M.Pd. (Mo-Novi) yang diusung PKS, Golkar dan Nasdem. Kemudian pasangan Ir. Talifuddin M.Si dan Sudirman S.IP (Talif-Sudir) yang telah mengantongi tiket dari jalur perseorangan.

Bapaslon pertama yang mendaftar adalah Mo-Novi. Tiba di kantor KPU Sumbawa, mereka didampingi pengurus PKS, Golkar, Nasdem dan PKB beserta ratusan simpatisannya. Berdasarkan hasil verifikasi administrasi oleh KPU Sumbawa, Mo-Novi memenuhi syarat pendaftaran dengan 12 kursi dari tiga parpol yakni PKS, Golkar dan Nasdem. Sedangkan PKB urung menjadi parpol pengusung karena dalam dokumen yang diserahkan, pasangan ini tidak melampirkan SK B1KWK PKB.

Perdebatan sempat muncul ketika Bapaslon meminta waktu kepada KPU untuk menunggu B1KWK PKB dimaksud. KPU pun menskors pendaftaran hingga waktu pukul 14.00 Wita. Namun hingga waktu berakhir, tidak ada kepastian soal SK dimaksud. Akhirnya, Bapaslon menandatangani berkas berita acara pendaftaran, tanpa menyertakan PKB sebagai partai pengusung.
Bakal Calon Bupati, H. Mo, juga mengakui B1KWK PKB belum tiba, sehingga tidak bisa didaftarkan sebagai parpol pengusung. PKB hanya sebagai partai pendukung. “B1KWK kita belum terima sampai sekarang. Sementara KPU sudah kita minta untuk undur dulu. Bahkan sudah sampai jam 2 siang , KPU sudah tidak bisa lagi menambah, karena sudah ada calon lain yang akan mendaftar. Kita saling hargai,” ungkap H. Mo.
Bapaslon kedua yang mendaftar Talif-Sudir diantar ribuan massa. Pasangan independen dengan tagline “Sumbawa Bersinar” ini mendatangi KPU sekitar pukul 14.50 Wita. Tak butuh lama, KPU langsung melakukan verifikasi dan berkas pasangan ini dinyatakan lengkap. Sehingga langsung ditandatangani berita acara.
Talifuddin dan Sudirman bersyukur proses pendaftaran berjalan lancar. “Kita berdoa ternyata kita diterima. Tentu ini menjadi dasar untuk kita bergerak lagi untuk terus kita silaturrahim mengetuk hati masyarakat. Supaya Allah membolak balikkan hati yang belum memihak kepada kami dengan memilih jalur independen. Kami sangat berharap tim-tim kami di lapangan kompak , kemudian meyakinkan pemilih untuk memberikan pilihan politiknya kepada kami,” katanya. Seraya berterima kasih kepada KPU Bawaslu yang telah menyatakan proses pemberkasan memenuhi syarat.
Ketua KPU Sumbawa, M. Wildan, M.Pd, didampingi empat komisioner lainnya, menyebutkan, dari dua bapalon yang mendaftar setelah dilakukan verifikasi baik persyaratan pencalonan maupun persyaratan calon, dinyatakan lengkap dan sah.
“Artinya dapat kami terima dokumennya. Dan kami masuk tahapan berikutnya tahapan verifikasi dokumen persyaratan calon, itu mulai tanggal 6 sampai tanggal 12. Sedangkan bakal pasangan calon yang kami terima juga kami memberikan surat pengantar cek kesehatan di rumah sakit provinsi NTB,” tukasnya.

Baca Juga:  Kejutan PKB, Tarik Dukungan dari Mo-Novi di Pilkada Sumbawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *