Pelanggaran ASN di Pilkada Cenderung Tinggi

Sumbawa Barat (Lomboknews.my.id) – Tingkat dugaan pelanggaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) cenderung tinggi. Berdasarkan data Bawaslu setempat, sejak tahapan Pilkada digelar awal tahun lalu setidaknya ada 4 kasus pelanggaran ASN yang telah ditangani hingga saat ini.

“Kalau tidak salah kasus terkait pelanggaran ASN sudah ada empat yang kami proses,” kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu KSB, Gufron.

Ia menjelaskan, bentuk pelanggaran kalangan abdi negara ini rata-rata karena tindak lakunya di media sosial (Medsos). Meski saat dugaan pelanggaran mereka terjadi hingga kini belum terdapat pasangan calon yang akan berkompetisi. Tetapi kata Gufron di Medsos, mereka sudah menunjukkan keberpihakannya melalui postingan-postingannya.

“Postingannya ada berupa foto, tulisan status, komentar status atau mengunggah link berita seputar figur yang akan mencalonkan saat itu,” urainya.

Terhadap mereka, lanjut Gufron pihaknya tetap memprosesnya. Seperti dicontohkan kasus pelanggaran ASN terbaru yang ditangani dilakukan oleh seorang oknum pegawai kecamatan. Dan dari hasil pemeriksaannya, Bawaslu KSB menemukan bukti kuat sang oknum AN tersebut terbukti kuat melakukan tindak pelanggaran. “Kami sudah rekomendasikan ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) untuk diberikan sanksi,” tegasnya.

Selanjutnya, Gufron menuturkan, intensitas pelanggaran di kalangan ASN ke depan akan semakin tinggi seiring dengan semakin mendekatinya waktu pemilihan pasa 9 Desember mendatang. Terlebih jika kemudian telah ditetapkan pasangan calon yang akan bertarung.

Karena itu untuk menutup ruang pelanggaran tersebut, Bawaslu KSB semakin memperketat dalam mengawasi pergerakan para ASN.Tidak saja di lapangan tetapi juga di aktivitas Medsos. “Kecederungan ASN ini banyak melanggar di Medsos. Makanya sejak awal kami sangat intens memantau akun mereka hampir setiap hari,” imbuh Gufron.

Baca Juga:  Siap Panen Kemenangan (Koalisi NADI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *