Wabup Dompu Jalankan Pemerintahan, Bupati Diisolasi

Dompu (Lomboknews.my.id) – Wakil Bupati Dompu, Arifuddin, SH akan jalankan pemerintahan selama Bupati Dompu menjalani isolasi dan perawatan di RSUP NTB. Karena sakit yang diderita H Bambang M Yasin diperkirakan membutuhkan waktu istrahat dan perawatan yang cukup.

“Secara hirarki pemerintahan, ketika Bupati berhalangan atau sakit, maka wakil Bupati yang akan mengendalikan pemerintahan. Tapi karena ini pemerintahan, butuh secara tertulis dan itu yang sedang dikonsultasikan ke Biro Pemerintahan (Pemprov NTB),” kata Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Dompu, Muhammad Iksan, SST, MM kepada Suara NTB, Senin, 12 Oktober 2020.

Sejauh ini, lanjut Iksan, tidak ada kebijakan dan kegiatan yang mengharuskan untuk diputus langsung oleh Bupati. Tapi ketika ada surat yang ditujukan ke Bupati, secara langsung dinaikan ke wakil Bupati. “Sejauh ini roda pemerintahan tetap jalan seperti biasa. Ketika ada surat yang ditujukan ke Bupati, kita langsung naikkan ke wakil Bupati,” katanya.

Terkait kondisi kesehatan Bupati Dompu, Iksan mengatakan, terus membaik. Tapi H Bambang masih butuh waktu untuk istrahat dan menjalani perawatan medis di RSUP NTB. Agar bisa lebih fokus menjalani perawatan, roda pemerintahan saat ini dikendalikan oleh Wakil Bupati dan Sekda Dompu. “Kondisi kesehatan pak Bupati terus membaik,” ungkapnya.

Sementara, Sekretaris Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu, Jufri, ST, MSI yang dihubungi terpisah mengatakan, pasca hasil swab yang menkonfirmasi kondisi kesehatan Bupati Dompu dinyatakan positif Covid-19, pihaknya langsung melakukan penyemprotan disinfektan di kantor Bupati, pandopo Bupati, kantor BPKAD, dan kantor KPU Dompu. “Penyemprotan disinfektan dilakukan (Minggu) kemarin,” katanya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu, Maman, SKM, MMKes mengatakan, ada 34 orang yang memiliki kontak erat dengan Bupati telah dilakukan pengambilan sample swab. Terutama anak – anaknya, pegawai dapur pandopo, ajudan dan pejabat di sekitar Bupati serta kontak erat lainnya. “Swabnya kita kirim (sample) ke RSUP karena laboratorium genetik Sumbawa Technopark sedang dilakukan maintenance (pemeliharaan),” katanya.

Baca Juga:  Pelaku Curanmor dan ternak di Dompu Diciduk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *