Fasilitas Pelabuhan Tawun akan Ditambah dengan anggaran dari DAK senilai Rp5,4 miliar

Lobar (Lomboknews.my.id) – Sampai saat ini, kondisi Dermaga Senggigi masih mangkrak akibat diputus kontrak tahun 2019 lalu. Kendati dermaga Senggigi masih mangkrak dan belum jelas kapan dilanjutkan kembali pembangunannya, namun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat dialokasikan Rp5,4 miliar untuk membangun beberapa fasilitas dan menata pelabuhan Tawun Sekotong.

Kepala Dinas Perhubungan Lobar, H.M. Najib, Kamis, 15 Oktober 2020 mengatakan, program kedepan pihaknya menyiapkan transportasi laut. Tahun depan dalam rangka pembenahan dan pembangunan fasilitas pelabuhan Tawun, pihaknya sudah mendapatkan kepastian anggaran dari pusat sebesar Rp5,4 miliar. “Itu untuk perbaikan, pembebanan dan Pembangunan rehabilitasi dan penambahan fasilitas pelabuhan,” jelas Najib.

Beberapa fasilitas yang dibangun adalah dermaga apung yang akan dipatenkan. Untuk menunjang pelayanan transportasi laut, pihaknya mengusulkan ke Pusat agar mendapatkan hibah kapal laut jenis rider melalui fasilitas Pemprov. Kapal dari Pelni ini diperuntukkan untuk dermaga lokal. Untuk hibah kapal ini, pihak Pemda bersaing dengan beberapa daerah. Nantinya kapal ini akan melayani rute Gili dan pelabuhan yang ada di kawasan Lobar.

Dari Pengelolaan pelabuhan kota kedepan, baik Tawun dan Tembowong akan diambil retribusi untuk pemasukan ke daerah. “Tapi kami upayakan untuk membantu sektor pariwisata,” jelas dia.

Menyoal kelanjutan sengketa proyek dermaga proyek Senggigi, sejauh ini sudah memasuki sidang ke tiga dengan agenda penyerahan barang bukti dari Pemda. Agenda sidang ini akan dihadiri oleh pihak pengacara Pemda. Sidang sengketa ini sendiri diadakan sekali sepekan. Ditanya soal kelanjutan proyek yang mengkrak tersebut, pihaknya belum bisa memastikan tahun depan. Karena tergantung dari kondisi fiskal daerah. “Tetap kita usulkan tahun depan, tapi tergantung anggaran,” ujar dia.

Baca Juga:  Perempuan Ini Sayat 3 Pria Pakai Cutter Kesal Ditagih Utang Rp 50 Ribu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *