Menkominfo, Sejarah Hari Blogger Nasional 27 Oktober

Jakarta, (Lomboknews.my.id) – Hari Blogger Nasional diperingati setiap tanggal 27 Oktober setiap tahunnya. Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh pertama kali mencanangkan hari Blogger pada 27 Oktober 2007.

Menurut penjabaran Merriam Webster, Blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan penulis blog.

Niagahoster menerangkan, Blog Justin kala itu penampilannya sangat sederhana, hanya berupa laman dengan background putih polos yang diisi tulisan.

Meski demikian, inisiatif Justin Hall tidak disebut blog, tetapi sebagai “personal home page”. Justin memanfaatkannya untuk menulis kehidupan pribadi, saat ia kuliah, hubungan dengan keluarga terutama ayahnya hingga kisah asmaranya.

Kemudian istilah weblog yang merupakan gabungan dari kata web dan log diperkenalkan Jorn Barger pada tahun 1997. Jorn Barger, memutuskan menggunakan istilah itu untuk menggambarkan aktivitas internetnya, yaitu “logging to the web”.

Selain memperkenalkan weblog, Jorn Barger memperkenalkan konsep kronologi dalam weblognya, yaitu Robot Wisdom. Konsep ini, memungkinkannya postingan terbaru ada di urutan teratas dalam weblog. Dua tahun kemudian, seorang desainer website Peter Merholz memperkenalkan istilah “blog” sebagai kependekan dari weblog.

Sementara menurut Wikipedia, Media blog dipopulerkan pertama kali oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2003.

Di tahun yang sama, WordPress resmi diluncurkan. WordPress adalah pesaing utama Blogger dan keduanya sama-sama menyediakan layanan blog personal gratis. Blog mempunyai fungsi beragam, seperti untuk catatan harian, media publikasi, hingga program media atau perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis.

Selain itu, banyak blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar. Tetapi, ada juga juga blog yang bersifat sebaliknya atau non-interaktif. 

Baca Juga:  Malam malam Pansus Covid-19 diundang ke Pendopo Bupati Lombok Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *